Rabu Bahasa: Saduran


Zaman sekarang, kita memang dituntut uat jago bahasa Inggris. Minimal bisa ngerti bahasa Inggris supaya paham kalau baca timeline temen-temen kita yang mulai pada sok Inggris. Lebih bagus lagi kita juga bisa pake bahsa Inggris secara aktif, supaya bisa sok kenal dan bisa minta foto bareng sama bule-bule kalau ketemu di tempat wisata.
Sayangnya, era bahasa Inggris ini terlalu dijiwai sama orang-orang Indonesia. Sampai-sampai mereka banyak melupakan bahasa Indonesia. Mereka terlalu banyak menyadur bahasa Inggris mentah-mentah tanpa cari tahu bahwa sesungguhnya beberapa istilah bahasa Inggris yang sering mereka pakai itu ada bahasa Indonesia-nya. Apa aja bahasa Inggris tersebut? Ini dia…

1. Meeting
Meeting ini sering dipake sama orang-orang kantoran. NYUNYU sih yakin, dalam hati nurani mereka semua, mereka tau kalau meeting itu ada bahasa Indonesai-nya, yaitu rapat. Tapi entah apa yang bikin mereka gak pede sama istilah rapat. Padahal rapat itu kesannya lebih mendalam daripada meeting. Lebih dekat kalau rapat dibanding kalau sekadar meet (bertemu).

2. Envy
Katanya, envy itu lebih terkesan positif dibanding ‘iri’. Menurut NYUNYU sih sama aja. Aturan dari mana itu? Ada referensinya dari ahli bahasa? Gak ada kan. Makanya, pakai aja iri daripada envy. Selain artinya yang memamg sama aja, juga kita jadi lebih cinta sama bahasa Indonesia. Cinta sama pacar bisa, masa cinta sama bahsa Indonesia gak bisa. Ayo tunjukan semangat mudanya.

3. Single
Ini dia yang sering dipakai juga sama anak muda zaman sekarang. Single itu kalau kalian telaah, artinya sama aja dengan jomblo. Gak ada tuh istilah single itu gak punya pacar karena belum mau, sedangkan jomblo itu gak punya pacar karena nasib. Itu teori orang yang jomblo dan ngaku-ngaku belum mau pacaran. Padahal dalam hatinya sih pengen pacaran, tapi kalau ngajak mantan balikan gengsi, kalau nyari yang baru males.
NYUNYU agak kawatir sama fenomena yang satu ini. single itu jomblo dan jomblo itu single lho, teman. Sama aja. Sama-sama gak punya pacar. Gak ada bedanya. Kalau pun ada bedanya, cuma beda bahasa aja. Single itu bahasa Inggris, sedangkan jomblo itu bahasa Indonesia (meskipun gak baku).

Mulai hari ini, yuk kita kembali lagi ke bahasa kita, bahsa Indonesia. Yang ngaku single, udahlah, gak punya pacar itu jomblo kok. Jomblo dan gak jomblo itu sama aja di mata Tuhan. Gak usah dengerin orang lain, orang lain belum tentu bener. Pokoknya hidup bahasa Indonesia! Hidup jomblo! #eh. Kwukwukwukwukwuk.

Tidak ada komentar: